Beritabersama.com, PROBOLINGGO — Dampak ekonomi yang dirasakan akibat pandemi Covid 19, mengetuk hati walikota Probolinggo Hadi Zainal Abidin.

Orang nomer satu di Pemkot itu menyumbangkan seluruh gajinya sejak menjabat sebagai wali kota untuk digunakan menangani dampak sosial Covid-19.

Jumlah gaji walikota yang mencapai Rp 6.224.000 tiap bulan sejak Februari tahun 2019 lalu akan disumbangkan untuk dampak covid 19.

“Saya digaji sebagai wali kota sejak bulan Februari 2019. Gaji saya sejak awal menjabat sampai sekarang saya sumbangkan untuk penanganan corona,” kata Hadi kepada, Jumat (7/5/2020).

Jika dihitung, mulai Februari 2019 – Mei 2020, berarti 16 bulan gaji wali kota yang akan disumbangkan. Hadi menunjukkan rincian gajinya tiap bulan yang terdiri dari gaji pokok, tunjangan, dan setelah dipotong pajak bersih totalnya Rp 6.224.000.

Baca Juga:  Pembayaran Gaji ke-13 diperkirakan mundur

“Iya, hitung sendiri. Saya sumbangkan karena jabatan saya jabatan politik dan dipertanggungjawabkan kepada publik, maka langkah ini saya sampaikan kepada publik,” ujar Hadi yang didampingi Ketua DPRD Abdul Mujib dan 4 anggota dewan PKB lainnya.

Hadi yang juga Ketua DPC PKB Kota Probolinggo menambahkan, enam anggota DPRD dari Fraksi PKB juga sepakat menyisihkan masing-masing gajinya Rp 5 juta mulai Januari-Mei 2020.

Langkah ini diambil karena saat inilah momen kepedulian dan berbagi dilakukan. Sumbangan gaji darinya dan anggota dewan PKB akan disumbangkan kepada masyarakat berupa sembako.

Data penerima sumbangan tersebut sudah dikantongi partai dan tinggal dilaksanakan. Sumbangan juga akan diberikan juga kepada warga terdampak yang diberitakan media.

Baca Juga:  Polisi Gagalkan Aksi Rampok di Probolinggo, Satu Rampok Tewas, Satu Kabur Tertembak

Menurutnya, PKB punya berkomitmen terhadap masalah ini. Sebab, PKB saat ini berada di eksekutif dan legislatif.

“Karena saya yang menjabat wali kota dari PKB. Ketua DPRD-nya juga PKB. Maka kita harus memulai gerakan ini,” tambahnya. (tam/BB)