Beritabersama.com, SURABAYA — Polda Jatim melarang masyarakat melakukan takbiran keliling.

“Apa yang perlu diantisipasi, yang pertama terkait dengan kegiatan masyarakat dalam budaya malam takbiran ya, malam takbiran ini tidak diperkenankan atau dimohonkan dengan sangat tidak dilakukan,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, Rabu (20/5/2020).

“Karena apa, ini masih masa pandemi penyebaran yang ada di wilayah Jawa Timur secara umum ini masih di nomor 2 secara nasional,” imbuhnya.

Pelarangan takbiran ini untuk semua orang yang berkerumun. Baik yang keliling kampung dengan berjalan kaki, menggunakan motor hingga yang menaiki kendaraan roda empat dan keliling kota.

“Tentunya ini menjadi pertimbangan sekali agar memutus mata rantai pandemi maka tidak diperbolehkan melakukan takbiran, baik itu menggunakan roda empat, roda dua, jalan kaki dan lain-lain,” imbuh Truno.

Baca Juga:  Zainal Mantan Kadis PUPR Mojokerto, Bakal Disidang Kasus Gratifikasi Proyek

Selain itu, Truno menyebut telah berkoordinasi dengan pihak TNI hingga Pemda untuk melakukan tindakan pencegahan atau preemtif dan preventif hingga penindakan bagi yang melanggar.

Namun, Truno menegaskan larangan ini hanya bagi masyarakat yang konvoi atau berkerumun. Bagi masyarakat yang melakukan takbiran di masjid dengan menerapkan protokol pencegahan COVID-19, tetap diperkenankan.

“Larangan takbiran ini yang dimaksudkan adalah konvoi ya, karnaval yang seperti biasa dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Apapun bentuknya tidak boleh yang bersifat kerumunan, ini sifatnya kerumunan dasarnya adalah kegiatan yang bersifat keramaian atau kerumunan yang tidak diperbolehkan,” papar Truno.

“Bukan berarti takbirannya yang dilarang, takbirannya bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi misalnya pengeras suara di masjid dengan direkam atau seseorang atau beberapa orang di masjid kemudian menggelorakan itu diperbolehkan. Tapi yang dilarang adalah budaya terkait dengan kerumunan dan keramaiannya untuk melakukan karnaval keliling kota,” pungkasnya. (min/BB)

Baca Juga:  Luka Pada Wajah Janda Yang Ditemukan Setengah Bugil Akibat Melawan Pelaku