Beritabersama.com, SURABAYA — Harapan warga Surabaya mendapatkan bantuan akibat pandemi covid-19 segera terealisasi.

Tak main-main, berdasarkan data Pemkot Surabaya, pemkot akan membagikan bantuan sembako kepada 27.023 KK terdampak COVID-19. Warga terdampak ini di luar dari Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang sudah terdata di pemkot, Pemprov Jatim, dan pemerintah pusat.

Bantuan sembako ini dari Presiden Jokowi sebesar 10.000 paket, Pemprov Jatim Rp 200 ribu berupa sembako, bantuan dari pihak swasta dan Pemkot Surabaya.

“Bantuan sembako ini untuk tiga bulan ke depan. Isi sembakonya bermacam-macam, tapi nilainya sama dengan nilai bantuan dari Kemensos senilai Rp 600 ribu,” ujar Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya Hendro Gunawan kepada wartawan di Balai Kota, Rabu (5/5/2020).

Baca Juga:  Anggota DPRD Kota Madiun Yang terjaring Balap Liar Dilepaskan

Menurut Hendro, data 27.023 KK ini bergerak dinamis setiap waktunya. Sehingga, jika nantinya ada warga yang terdampak COVID-19 belum mendapatkan bantuan bisa mengajukan melalui RW. Karena RW disebut sebagai garda terdepan yang lebih mengetahui kondisi masyarakatnya.

“Nanti, RW bisa memasukkan usulan warga terdampaknya, kemudian Dinsos akan melakukan verifikasi, baru kemudian akan dilakukan penyerahan sembako bagi warga yang benar-benar berhak menerima,” jelasnya. (man/BB)