Beritabersama.com, SURABAYA — Bantuan sosial (bansos) dari Kemensos kepada warga Surabaya terdampak Corona akan cair pekan depan. Sebanyak 174.332 KK akan mendapatkan bantuan uang sebanyak Rp 600 ribu.

Bansos dari kemensos itu nantinya akan diberikan selana tiga bulan. Terhitung mulai bulan Mei, Juni, dan Juli.

“Insyaallah dari Kemensos akan dicairkan minggu depan. Hari Senin (11/5),” kata Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya Hendro Gunawan kepada wartawan di Balai Kota, Selasa (5/5/2020).

Hendro mengatakan pemkot bekerja sama dengan Kemensos dalam penyampaian bansos Rp 600 ribu itu melalui PT Pos. Pemkot sendiri men-support data base dan verifikasi dari Kemensos.

“Kemudian Kemensos bekerja sama dengan PT Pos dan PT Pos akan menyalurkan secara langsung kepada warga terkait bantuan sebesar Rp 600 ribu selama tiga bulan ke depan,” jelasnya.

Baca Juga:  Polisi Tembak Kaki Dua Pelaku Curanmor di Surabaya

Nantinya, lanjut dia, data 147.332 KK yang mendapatkan bansos dari Kemensos akan disampaikan di kelurahan. Kemudian, di kelurahan akan ditempel nama siapa saja yang berhak menerima dan kapan akan bisa mengambil akan diberi tahu lebih lanjut.

“Jadi sistemnya tidak perlu bergerumbul di kecamatan untuk penyalurannya,” kata Hendro.

Setelah data base dari kemensos diumumkan di kelurahan, warga akan mendapatkan surat undangan dari kantor Pos. Undangan itu berisi penyampaian warga harus datang hari apa dan jam berapa.

“Nanti akan diambil di pos terdekat yang akan diatur oleh PT Pos. Warga cukup datang ke kantor pos terdekat. Sehingga warga tidak perlu jauh-jauh. Kenapa begitu? Untuk percepatan penyaluran,” pungkasnya. (man/BB)

Baca Juga:  Melawan Saat Diamankan, Polisi Kirim Bandit Ketemu Malaikat Maut

Artikel ini sudah tayang di laman berita Detik.com dengan Judul : Pekan Depan 174.332 KK di Surabaya Terima Bansos Rp 600 Ribu